Bagi kita orang awam   memuji keindahan bunga anggrek dengan ekspresi penuh   seraya mengucapkan kata semisal “aduuuuh…cantiknya” atau ikut-ikutan potongan syair lagu …cinta satu malam..”oh indahnya”…mantaaap…, atau apa lagi..? Semua itu sesuatu yang lumrah dan wajar sebagai bentuk penghargaan untuk bunga dengan sejuta pesona yang tentu saja memiliki makna mendalam yang sulit digambarkan penikmatnya.
Melalui kemajuan teknologi informasi dan komunikasi  salah satunya melalui sarana facebook, belakangan kita makin dimudahkan untuk berinteraksi dengan siapapaun di muka bumi ini, tak terkecuali dalam satu komunitas antar sesama pecinta anggrek. Cara mengapresiasi anggrekpun jadi sangat simpel. Kalau ada teman kita update status sekalian upload foto anggrek misalnya, apalagi nama kita masuk ditag. Sebelum memberi komentar, pastinya  yang pertama kita cari adalah tulisan ‘suka’ persis di bawah gambar tersebut trus mengkliknya. Dengan demikian kita sudah memberi sebuah penghargaan pada sosok anggrek meskipun wujudnya cuma berupa gambar. Hal demikian merupakan sebuah kemajuan, bunga-bunga anggrek terekspos bebas nyaris tanpa batas. Kita bisa memelototi anggrek yang cantik-cantik dari koleksi rekan-rekan kita di seluruh negeri atau bagian benua lain di jagat ini.Terlepas apakah penghargaan itu dari sisi karya fotografinya atau memang faham dengan bentuk bunga aslinya, yang pasti efeknya saat ini anggrek-anggrek kita dapat berkah kiriman jempol bertubi-tubi dan hujan pujian di mana-mana.   Sesuatu yang dulu tak pernah terbayangkan.
Lalu…….., bagaimana sebenarnya cara menilai anggrek yang benar?? Untuk kepentingan kontes, lebih-lebih untuk pemuliaan, dalam hal ini para pakar sudah  menyiapkan buku pegangan yang konon supaya hasil penilaian ‘bunga anggrek’ bisa lebih akurat, jelas poin-poinnya, ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan.
Buat sekedar mengetahui atau belajar mencoba menilai anggrek kita yang memang cantik-cantik, apa salahnya kita mengintip contekannya. Berikut adalah sebagian mengenai penilaian anggrek yang ada dalam buku Pedoman Baku Penilaian Anggrek Indonesia dengan salah satu katagori penilaian yaitu pada anggrek yang berbentuk ‘bulat’.
Yang termasuk anggrek berbunga bulat diantaranya : sebagian Dendrobium, sebagian Phalaenopsis, beberapa Cattleya dan beberapa juga Vanda. Dasar penilaian meliputi bentuk bunga, warna bunga dan sifat-sifat karakteristik lainnya.

Bentuk Bunga

Nilai keseluruhan untuk bagian ini adalah 30. Hal-hal yang diperhatikan adalah :

  • Kebulatan bunga (Roundness). Bunga yang dianggap bulat adalah yang ujung-ujung sepal, petal dan labelum  jika dihubungkan akan membentuk lingkaran dengan pusat pada tiang atau gynostenium. Bunga yang demikian akan memperoleh nilai tertinggi 5.

Kebulatan bunga pada Dendrobium farmeri

  • Kepenuhan bunga (Fullness). Bentuk lingkaran semu dengan menghubungkan ujung-ujung sepal, petal dan labelum, terisi penuh dengan helaian sepal dan petal. Semakin terisi penuh, akan semakin tinggi nilainya. Biasanya kepenuhan yang bagus terjadi pada bunga-bunga yang berbentuk overlapping seperti pada bunga Vanda sanderiana. Pada bunga Cattleya intermedia nilainya rendah karena bunga ini berbentuk bintang (star form).

  • Kedataran bunga (Flatness). Nilai tertinggi 5 dapat diberikan pada bunga anggrek yang mempunyai sepal, petal dan labellum dalam bidang datar. Bunganya tidak terlalu melengkung ke dalam, sepal dan petalnya membuka penuh. Nilai akan berkurang jika bunga terlalu membuka ke belakang.
  • Bentuk sepal. Sepal yang lebar yang mengisi kekosongan ruang antara petal dan labellum punya nilai tinggi, jarak antara ujung-ujung sepal harus sekitar 120 derajat.

  • Bentuk petal. Bentuk petal yang bagus adalah yang tak berkerut(berlipat-lipat), mempunyai ukuran yang lebih lebar dibandingkan sepalnya. Keindahan kian sempurna bila bunga memiliki petal yang tegak namun tidak kaku.
  • Bentuk labellum. Labellum yang bagus sudah pasti adalah yang indah, selaras dengan sepal dan petalnya. Labellum pada anggrek berbeda-beda. Labellum pada Vanda relatif kecil namun sebaliknya pada Cattleya nampak jauh lebih besar, tapi keduanya tetap kelihatan indah dan serasi.

Setelah diadakan penilaian pada masing-masing bagian, supaya dilihat lebih mudah, nilai-nilai tersebut dikelompokkan pada kolom-kolom seperti pada tabel di bawah ini.Bersambung…