Di sini kami mencoba menampilkan profil bunga-bunga anggrek spesies yang secara faktual masih hidup dan beranak pinak di belantara Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah. Permata-permata belantara ini “sebagian kecilnya” sudah berhasil diidentifikasi oleh PAI (Perhimpunan Anggrek Indonesia) Cabang Kalimantan Tengah dan LSM CASI (Cinta Anggrek Spesies Indonesia) Cabang Kalimantan Tengah sebanyak kurang lebih 60 jenis dengan tidak kurang 200 spesiesnya.

Gambar-gambar yang ada asli diambil dari Kebun PAI Kalteng, tempat pemeliharaan/penangkaran anggrek spesies CASI (Asih Orchid), sedikit koleksi pribadi, koleksi teman-teman  maupun fihak lain yang sama-sama masih peduli dengan “anggrek species kalteng” Koleksi keberadaan tanaman dan riwayat habitatnyapun benar-benar bisa dipertanggungjawabkan.

Blog yang sangat sederhana ini diharapkan dapat sedikit membantu masyarakat umum khususnya masyarakat Kalimantan Tengah terutama yang masih awam dengan sosok-sosok anggrek spesies, agar bisa lebih mengenal, kemudian menyayangi dan dapat mencintai, sehingga timbul upaya untuk memelihara, merawatnya serta menjadikannya sebagai bunga kebanggaan.

Kata orang  “tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”.

Iklan